Senin, 14 Oktober 2013

Kinect and Leap Motion, Nice Combination

Kinect digunakan untuk deteksi wajah (face detection), 3D modeling, mendeteksi gerakan tangan / tubuh pada jarak kurang dari 3 meter. Leap motion merupakan pilihan lain dalam pengenalan gerakan (gesture detection). Leap motion dinilai lebih akurat dibandingkan dengan kinect. Menurut perusahaan pembuat, Leap motion dapat mengikuti jejak pergerakan 1/100 mm yang berarti 200 kali dari akurasi alat yang ada di pasaran, bahkan dapat mendeteksi pergerakan ujung jari sampai sebuah jarum. Tetapi leap motion hanya didasarkan pada pergerakan pergelangan tangan dan jari di udara. Leap motion yang berharaga sekitar $70 lebih murah dibanding kan dengan kinect yang berharga sekitar $250. Leap motion berbentuk kotak dan dikomunikasikan dengan menggunakan kabel USB. Leap motion dapat digunakan untuk interaksi dengan komputer namun terbatas hanya untuk jarak yang dekat dengan PC. 

 Leap terdiri dari sejumlah kamera sensor VGA untuk mendeteksi segala pergerakan. Leap motion juga dapat mendeteksi setiap bagian pergerakan jari dan mampu membedakan pensil dan jari saat jari memegang pensil. Leap motion juga dapat dibandingkan dengan touch screen. Leap motion jauh lebih attractive dibandingkan dengan touch screen, salah satunya untuk game Fruit Ninja.










Find out more :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah" Pramoedya Ananta Toer (Rumah Kaca, hlm. 352)